Thibaut Courtois boleh jadi telah menyuguhkan permainan terbaiknya sejak bergabung dengan Real Madrid. Dia jadi salah satu aktor kemenangan Los Blancos atas Galatasaray (1-0), Rabu (23/10/2019) dini hari WIB tadi.

Bertandang ke Istanbul, Madrid berada dalam tekanan untuk menang. Dalam kondisi skuad yang belum maksimal, pasukan Zinedine Zidane itu harus menemukan cara meraih tiga poin untuk menjaga asa lolos ke putaran berikutnya.

Misi tersebut berhasil, satu gol Toni Kroos sudah cukup jadi pembeda. Namun, di balik itu ada peran penting Courtois yang menjaga gawang Madrid tidak kebobolan.

Performa Impresif

Sejak tiba di Madrid, Courtois belum benar-benar meyakinkan. Kini, dia mungkin sudah menghapus sedikit keraguan itu lewat performa luar biasa di kandang Galatasaray.

Kiper Belgia ini muncul ketika tim benar-benar membutuhkannya. Dia membuat dua penyelamatan penting pada menit-menit awal pertandingan, yang mencegah Galatasaray unggul saat bek-bek Madrid sedang kesulitan.

Courtois terus dikritik pada beberapa bulan terakhir, khususnya ketika Madrid hanya bisa bermain imbang 2-2 dengan Club Brugge pada matchday 2 beberapa waktu lalu.

Biar begitu, perlahan-lahan Courtois membuktikan bahwa dia memang sosok yang tepat untuk menggantikan Keylor Navas.

Dua Penyelamatan Krusial

Dua penyelamatan Courtois tercipta saat menghentikan percobaan Florin Andone dan Younes Belhanda. Akhirnya Courtois kembali menunjukkan kemampuannya yang sudah membuat Madrid terpikat setahun yang lalu.

Menorehkan clean sheet di kandang Galatasaray bukan perkara mudah, tapi Courtois mampu melakukannya. Dia bisa menghadapi tekanan suporter tuan rumah yang begitu intens.

"Hari ini adalah pertandingan penting, kami harus menang bagaimanapun caranya untuk menarik napas dan terus melaju di Liga Champions," tutur Courtois.

"Ini adalah stadion dengan atmosfer kuat dan kami sudah waspada sejak awal. Mereka punya beberapa peluang yang saya hentikan dengan baik," tutupnya.